Photobucket

Kuliah Di Luar Negeri dan Manfaatnya

Artikel ini ditulis sebagai gambaran ringkas bagi para calon pelajar yang akan mengarungi kehidupan barunya di luar negeri; sebagai pelajar atau kelak bekerja dan menetap di negara dimana anda kuliah.
Rasa Kangen dan Sosialisasi. Tiba dinegara baru, memulai  hidup mandiri dan jauh dari sanak keluarga merupakan sebuah tantangan tersendiri bagi pelajar Indonesia .
Untungnya kita hidup dijaman yang berteknologi super . Saat ini banyak tersedia media komunikasi sebagai obat rasa kangen terhadap keluarga, teman bahkan pacar. Situs jejaring seperti facebook, twitter dan lainnnya bisa digunakan untuk tetep berhubungan dengan orang yang kita cintai. Sarana komunikasi semacam Yahoo Messenger dan Skype juga ampuh sebagai penawar rasa kangen terhadap keluarga dan temen di Indonesia (free call dan berkualitas oke)
Disamping berkomunikasi dengan orang-orang di Indonesia, adalah sangat perlu untuk bersosialisasi terhadap lingkungan baru di sekitar kita;
  1. Teman dari negara lain atau orang lokal setempat di kampus
  2. Rekan ditempat kerja (jika sudah mulai bekerja part time)
  3. Komunitas masyarakat Indonesia
Ketiga komunitas diatas akan sangat membantu anda dalam proses adaptasi dan mengenal lingkungan dimana anda akan tinggal dalam bulan-tahun kedepan di Negara anda kuliah.
Tantangan Demi Kesuksesan.  Komitmen untuk kuliah di negeri jauh menuntut kesanggupan dalam berinteraksi dengan penduduk setempat; memahami budaya mereka, mempelajari dan meningkatkan Skill English kita.  Konsistensi dalam mengarungi masa – masa  ini  mesti terjaga (belajar, lulus kuliah dan berinteraksi).
Bagi sebagian pelajar, kuliah ke luar negeri memiliki beberapa arti dan tujuan;
  1. Mendapatkan kualifikasi (ijasah), lalu kembali ke Indonesia untuk bekerja atau berbisnis
  2. Mendapatkan kualifikasi  (ijasah), bekerja di negara tersebut, lalu kembali ke Indonesia
  3. Mendapatkan kualifikasi (ijasah), bekerja di negara tersebut, lalu mendapatkan Permanent Residence (ijin menetap)
Semua dari tujuan diatas memerlukan pengorbanan, kemandirian, kesabaran, kekuatan mental dan usaha yang pantang menyerah. Tentunya DOA pun sangat diperlukan.
Kuliah ke luar negeri adalah salah satu dari babak baru kehidupan anda dalam menapaki masa depan. Gunakanlah pengalaman ini sebagai modal untuk menaiki tangga-tangga lainnya dalam kehidupan anda. Ada banyak manfaat yang akan diperoleh, diantaranya; ijasah berkualitas internasional, networking dan pergaulan global, tempaan hidup mandiri menjadikan manusia yang tangguh dan mampu beradaptasi, English skill yang diatas rata-rata, serta kepercayaan diri yang kuat.
Jika kita mampu melalui semua tahapan dengan sukses, yakinlah bahwa dimanapun kita berdomisili, KESUKSESAN akan kita raih!
Posted in Latest News | Tagged , , , , , | Leave a comment

Tempat Tinggal Bagi Pelajar di New Zealand (Bagian 1)

Bagi anda yang baru mendarat di New Zealand dalam kapasitasnya sebagai pelajar akan dihadapkan persoalan ‘ mencari tempat tinggal yang aman dan nyaman selama masa study  di sana’
Kiat-kiat untuk mencari tempat tinggal yang nyaman, mudah dan murah akan disampaikan dalam artikel bersambung  ini.
Untuk tahap awal, adalah kewajiban kami Bright Future Education Consultant (BFEC) dan pihak Kampus mencarikan tempat tinggal untuk anda para pelajar yang baru bepergian ke New Zealand (kecuali jika anda memiliki teman, saudara atau kerabat);
1. Home stay (Tinggal bersama New Zealand Family). Anda akan menjadi bagian keluarga mereka dan diwajibkan untuk mengikuti aturan yang berlaku di keluarga tersebut.
  • Harga: $ 230-250 NZ dollars/minggu Plus Biaya Pengurusan $ 200 (dibayar ke kampus)
  • Keuntungan: Mendapat makan 2x sehari (pagi dan malam), Tersedia Furniture (tempat tidur, meja belajar, lemari), Menambah wawasan budaya lokal, Belajar bahasa Inggris secara langsung dengan mereka, internet connection bisa tersedia atau tidak (tergantung kebaikan home stay family) dll
  • Kekurangan: Terikat dengan aturan tuan rumah, terkadang lokasi tempat tinggal jauh dari kampus, perlu penyesuaian dan kecocokan dengan home stay family, menu makanan yang tidak cocok dengan lidah kita, penggunaan listrik dan air terkadang dibatasi (di New Zealand, biaya listrik dan air mahal untuk itu penggunaannya sangat diperhitungkan)
  • Tips: Tidak ada salahnya tinggal 2-4 minggu dengan home stay family saat anda baru tiba di New Zealand. Selain demi keamanan juga untuk kenyamanan di awal kedatangan di sebuah Negara yang baru bagi anda. 1 bulan pertama adalah masa krusial dimana anda dihadapkan pada; penyesuaian iklim, lingkungan kampus, pola perkuliahan, pengurusan IRD (kartu pajak untuk bekerja) dan proses mencari teman. Setelah masa 2-4 minggu, anda sudah akan bisa menentukan dimana selanjutnya anda akan tinggal; apakah di dormitory (asrama kampus), sewa flat, sewa kamar atau sewa rumah. Semuanya bisa dilakukan secara individu ataupun sharing dengan teman-teman lainnya.
2. Dormitory (Asrama kampus). Tinggal di asrama kampus dimana anda kuliah
  • Harga: $ 110-200 NZ dollars/minggu Plus Deposit $200 (kembali saat anda keluar dari asrama)
  • Keuntungan: Bebas, lokasi didekat kampus, berbaur dengan pelajar lainnya, tersedia fasilitas masak, ruang nonton TV, ruang aktifitas, bebas penggunaan listrik dan air.
  • Kekurangan: Kamar penuh diawal semester (mesti book jauh-jauh hari),   masak sendiri (bisa juga pesan catering), Internet Connection tidak tersedia (umumnya)
  • Tips: Tinggal di dormitory bagus bagi anda yang senang hidup simple dan dekat ke kampus. Anda bisa pasang telephone connection dan internet jika anda merasa akan tinggal lama di dormitory
Penjemputan di Airport dilakukan pihak kampus
(Biaya $80-100 One Way dibayar ke kampus)

Posted in Latest News | Tagged , , , , , | Leave a comment

Tips Mencari Kerja Part Time di New Zealand Bagi Pelajar

Mendapatkan kerja part time di New Zealand bagi para pelajar Indonesia gampang-gampang susah. Semuanya berpulang pada;
  • usaha dan kerja keras
  • relasi
  • kesempatan
  • skill (bahasa, teknik,  dll)
  • personality
  • dll
Pada umumnya, siswa/i, mendapatkan pekerjaan part time setelah 1-3 bulan ketibaannya di New Zealand, step-stepnya sebagai berikut;
1. Bulan pertama (penyesuaian kampus, lingkungan, mencari tempat tinggal baru, pengurusan IRD=wajib pajak, dll)
2. Bulan kedua (mulai mencari pekerjaan part time)
3. Bulan ketiga (biasanya sudah mendapatkan kerja)
Step di atas tidaklah mutlak, bisa saja mendapatkan part time kerja lebih cepat atau lebih lama.
Dibawah ini tips dalam mencari kerja part time di New Zealand bagi para pelajar;
  1. Terus mengirim CV/Resume baik secara on line (email) maupun door to door.
  2. ‏Browsing internet, job fair, Student Job Search (SJS), local and national newspapers.
  3. ‏Voluntary job (kerja sukarela).
  4. ‏Making relationship.
  5. ‏Casual job atau temporary job mesti apply jauh hari sebelum masuk masa liburan
Jangan lupa, TINGKATKAN SKILL ENGLISH dan PAHAMI KULTUR BUDAYA MEREKA
Semoga bermanfaat!
Posted in Latest News | Tagged , , , | Leave a comment

Kuliah Bisnis dan Peluang Kerja di Singapura

Kuliah Business dan peluang kerjanya di Singapura. Berikut adalah jenis profesi yang dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan di Singapura (sumber www.mom.gov.sg)

Finance

Industry Occupation Recommended Requisites
Finance Trust Professional Degree in Law, Accountancy, Banking & Finance, Economics, Business, Others
Shipping Financier Degree in Banking & Finance, Accountancy, Economics, Business, Others
Risk Manager & Controller Degree in Financial Engineering, Banking & Finance, Accountancy, Mathematics, Engineering, Computer Science, Economics, Business, Others
Compliance Officer Degree in Banking & Finance, Accountancy, Economics, Business, Others
Financial IT Engineer Degree in Computer Science, Electronics Engineering
Accountant Degree in Accountancy, ACCA
Kuliah di Singapura dan raih kesempatan bekerja di negeri Singa!
Posted in Latest News | Tagged , , , , | Leave a comment