SEARCH

Minggu, 04 September 2011

Tips Untuk Merancang Toko Online


Tips Untuk Merancang Toko Online


January 5th, 2011 | by Andrea Adelheid | 
dibaca sebanyak :1586
” Kalau ke mall lihat harga gw geli,mendingan ngaskus buka Forum Jual Beli (FJB) “.Penggalan kalimat itu adalah sebagian lirik lagunya Saykoji yang berjudulKaskus Anthem.Walah sudah ngawur nih..,kok jadi ngomongin lagu yah?.Tapi judul artikelnya ‘ Tips Untuk Merancang Toko Online‘ ?.
Menurut pendapat saya soal bagian lirik lagu Kaskus Anthem yang itu,si Igorberkunjung ke Mall dan berjalan mencari toko demi toko yang menjual barang dengan harga terjangkau serta hasil memuaskan.lelah mencari dengan hasil nihil,Igor pun kedunia maya mencari barang dengan harga yang dituju.Di internet berbagai toko datang dan pergi kapan kita membutuhkan:)
Andaikata ingin berdagang dipasar,pasti sudah banyak yang berjualan di lapak sekitar dan pastinya sudah sempit untuk berjualan disitu.Melalui media internet tidak ada kata terlalu sempit dan sejenisnya,transaksi penjualan bisa kita dapatkan melaluiforum,blog,mailing list,sampai pada website bertema social enginering yang paling terkenal saat ini seperti facebook pun bisa dijadikan ajang jual beli.

Mengapa kita perlu Toko Online (Online Shop)?

Bilamana saat membutuhkan jasa atau produk,seseorang membutuhkan jasa untuk menampilkannya, tetapi terkendala lokasi,biaya,intrastruktur, dan seterusnya. Tetapi di internet, tersedia tempat dengan hanya membutuhkan modal relatif kecil atau bahkan gratis.
Karna itu,sebagian orang justru tidak memusingkan tempat lagi,tetapi justru mencari-cari produk apa yang dapat atau yang paling laris diinternet.Disisi lain konsument juga memiliki minat yang tinggi terhadap produk internet,walaupun umumnya terbatas melihat produk berdasarkan foto.tetapi berbagai pertimbangan,seperti efesiensi, harga yang kompetitif, kemudahan menelusuri produk, membuat belanja online digemari banyak orang.

Awal Dari E-Commerce

Awalnya E-Commerce adalah perdagangan yang menggunakan teknologi EDI(Internet Data Interchange) dan EFT (Electronic Funds Transfer), tetapi dengan bertumbuhnya transaksi melalui kartu kredit, ATM, ataupun mobile banking, jaringan komputer, dan tentu saja Internet, maka cakupan E-Commerce dengan kemampuan membeli berbagai produk di Internet melalui layanan electronik payment (payment gatteway) dilengkapi dengan protokol HTTPS.Website seperti ebay.com dan amazon.com merupakan contoh Toko Online yang sukses:)
Kembali kejudul tentang ” Tips untuk Merancang Toko Online ” diatas.Banyak hal yang dibutuhkan untuk merancang dan membuat toko online yang bisa menembus pasar dan menjaring konsumen di dunia maya.
Buat anda yang ingin segera membuat toko online, Penulis sarankan buatlah Toko Online yang welcome terhadap Search Engine, fitur dalam website mudah dicermati dan dikelola konsumen.
Tetapi bagaimana bila kita tidak punya latar belakang atau kemampuan untuk membuat program website?.

Pembuatan Toko Online Dengan Content Management System (CMS) Open Source


Telah banyak hadir Open Source hebat dan canggih yang bisa kita jumpai di Internet serta gratis pula. :)
Yang paling Familliar di telinga tentu saja Joomla dan Mambo untuk membuat Toko Online dengan plugin VirtueMart.WordPress juga bisa dijadikan alternatif mengingat wordpress adalah the best open source di beberapa tahun belakangan ini.Sertakan juga PrestaShop, Zen Cart, osCommerce, Magento, dan lain-lain.Untuk lokal tentu saja kita punya, :) belakangan ini lahir sebuah CMS (Content Management System) lokal buatan programmer php yogyakarta bernama Lukmanul Hakim yang menurut penulis sangat ramah terhadap Search Engine yaitu Toko Lokomedia Online.


Atau anda punya banyak uang ? tidak mau repot? Searching melalui Google dan carilah Jasa Pembuatan Website.
Adanya software-software pendukung yang lahir saat ini lebih memudahkan kita dalam mebangun aplikasi website.Tetapi beberapanya terkadang dapat membingungkan.
Semoga apa yang disampaikan penulis di blog ini bisa berguna untuk membuat Toko Online idaman anda.
Penulis: Andrea Adelheid
Hi and welcome to my blog. My name's Andrea, although I'm more commonly known as Andrea Adelheid (or just Reyha).Learn Php,jQuery in2008 and till now. Not only in Php, a boy born 27 December 1988 are also popular in JavaScript.