Posted by Taqdir's Blog | Posted on 18:15 | Posted in
Dalam kaitanya dengan pendefinisian pemasaran (Teguh,1993:52)
memberikan definisi yang lebih terinci dengan mengatakan bahwa:
memberikan definisi yang lebih terinci dengan mengatakan bahwa:
Segmentasi pasar adalah proses membagi-bagi pasar yang semula
berperilaku heterogen menjadi beberapa kelompok pasar yang sekarang
berperilaku lebih seragam.
berperilaku heterogen menjadi beberapa kelompok pasar yang sekarang
berperilaku lebih seragam.
Menurut (Warren, 1995:224-229) mengemukakan segmentasi pasar
berdasarkan pada beberapa Kriteria diantaranya:
berdasarkan pada beberapa Kriteria diantaranya:
- Segmentasi Demografi
Segmentasi demografis didasarkan pada
karakteristik populasi yang dapat diukur dari umur, jenis kelamin,
pendapatan, pendidikan, dan pekerjaan.
karakteristik populasi yang dapat diukur dari umur, jenis kelamin,
pendapatan, pendidikan, dan pekerjaan.
- Segmentasi Psikografi
Segmentasi Psikografis adalah proses
pengelompokkan orang dalam arti sikap, nilai-nilai yang dianut, dan
gaya hidup
pengelompokkan orang dalam arti sikap, nilai-nilai yang dianut, dan
gaya hidup
- Segmentasi Tingkah Laku
Segmentasi tingkah laku memfokuskan
pada apakah orang akan membeli dan menggunakan suatu produk atau
tidak, di samping seberapa sering dan berapa banyak yang dipakainya.
Konsumen dapat dikategorikan menurut tingkat penggunaan-misalnya,
pengguna berat, sedang, ringan, dan bukan pengguna. Konsumen dapat
juga disegmentasikan menurut status pengguna-pengguna potensial,
bukan pengguna, mantan pengguna, pengguna regular, pengguna pertama
kali, dan pengguna produk pesaing.
pada apakah orang akan membeli dan menggunakan suatu produk atau
tidak, di samping seberapa sering dan berapa banyak yang dipakainya.
Konsumen dapat dikategorikan menurut tingkat penggunaan-misalnya,
pengguna berat, sedang, ringan, dan bukan pengguna. Konsumen dapat
juga disegmentasikan menurut status pengguna-pengguna potensial,
bukan pengguna, mantan pengguna, pengguna regular, pengguna pertama
kali, dan pengguna produk pesaing.
- Segmentasi manfaat(Benefit
Segmentation)
Segmentasi manfaat memfokuskan pada
nilai persamaan (value equation). Pendekatan ini dapat memberikan
hasil yang memuaskan karena pemahaman pemasar yang luar biasa
terhadap masalah yang dapat diselesaikan oleh suatu produk atau
manfaat yang ditawarkannya, tanpa mempedulikan wilayah geografisnya.
Misalnya, Nestle menyadari bahwa sikap pemilik kucing dalam memberi
makan binatang peliharaanya tidak berbeda di mana pun. Sebagai
respons, diluncurkan kampanye di seluruh Eropa yang diciptakan untuk
Friskies Dry Cat Food. Imbauan itu adalah bahwa makanan kucing yang
kering lebih cocok untuk sifat mandiri kucing yang sudah dikenal
secara universal.
nilai persamaan (value equation). Pendekatan ini dapat memberikan
hasil yang memuaskan karena pemahaman pemasar yang luar biasa
terhadap masalah yang dapat diselesaikan oleh suatu produk atau
manfaat yang ditawarkannya, tanpa mempedulikan wilayah geografisnya.
Misalnya, Nestle menyadari bahwa sikap pemilik kucing dalam memberi
makan binatang peliharaanya tidak berbeda di mana pun. Sebagai
respons, diluncurkan kampanye di seluruh Eropa yang diciptakan untuk
Friskies Dry Cat Food. Imbauan itu adalah bahwa makanan kucing yang
kering lebih cocok untuk sifat mandiri kucing yang sudah dikenal
secara universal.
Dan Menurut (teguh, 1993:53) segmentasi
juga ditambah dengan,
juga ditambah dengan,
- Kebiasaan(membeli, mengkonsumsi,
dsb.)
Segmentasi Manfaat dari Pasar Sabun Mandi